Senin, 15 Juli 2013

Warga Miskin di Kalihi Sumba Timur Mendapat Listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Angin



Turbin Angin di Dusun Kalihi Desa Kamanggi Kecamatan Kahunga Eti Kab. Sumba Timur-NTT

22 Rumah Tangga miskin untuk  pertama kali dalam hidupnya mempunyai listrik sendiri di rumah mereka di Dusun Kalihi Desa Kamanggi Kecamatan Kahunga Eti Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT.

Warga setempat mendapat listrik dari pembangkit listrik tenaga angin yang dipasang  di sana.

Amalia Fajriyanti dari Lentera Angin Nusatara mengatakan pihaknya memasang 20 turbing angin di dusun Kalihi untuk rumah dan penerangan jalan.

Kemarin kita sudah masang 20 turbin dan semuanya sudah beroperasi dan masyarakat sudah merasakan hasilnya, lampu-lampu mereka sudah menyala kalau misalnya sebelumnya  kan mereka sebenarnya sudah punya hp tapi mereka mengecasnya masih di kantor kepala desa di yang kamanggi situ jadi sekarang mereka usah jauh-jauh lagi, sudah ada listrik.

Lanjut Amalia, pihaknya masih akan membangun 80 turbin angin lainnya di beberapa lokasi di Sumba Timur kerjasama dengan tim dari Inisiatif Bisnis ekonomi Kerakyatan IBEKA.

Pembangunan pembangkit listrik dari sumber energi terbarukan ini merupakan bagian dari pengembangan pulau Sumba sebagai pulau ikon pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar